navibar

Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini, Semoga Bermanfaat !!!

Selasa, 24 Mei 2011

USB Flash Drive Tidak Dapat Dibuka Dengan Klik (Ganda)

Baru baru ini saya mengalami permasalahan USB Flash Drive (UFD)  atau hardisk eksternal dimasukkan ke PC atau drive-nya diklik atau diklik ganda pada Windows Explorer, bukan membuka folder dan file di dalamnya, tetapi muncul jendela menanyakan program mana yang akan menjalankan. Kira-kira kotak yang muncul seperti gambar di samping. Juga ketika diklik kanan ada pilihan lain seperti "Play", "Open", atau mungkin lainnya yang tulisannya ditebalkan.
Sepertinya hal ini dimulai ketika sebuah virus atau sejenisnya berhasil menginfeksi UFD yang digunakan dari suatu komputer yang sudah terinfeksi lebih dahulu. Dia akan menyalin file AUTORUN.INF dan file-file program virus lainnya ke dalamnya. Seharusnya, ketika UFD dimasukkan pada komputer tujuan yang mengaktifkan autorun atau ketika drive UFD tersebut dibuka, maka akan menjalankan program virus tersebut dan berusaha menginfeksi komputer tujuan tersebut. Suatu ketika, virus tersebut dapat dikenali dan dihapus atau karantina oleh Antivirus atau oleh pengguna komputer itu sendiri, tapi masih menyisakan file AUTORUN.INF. Karena file program yang ditunjuk AUTORUN.INF tersebut sudah tidak ada lagi, maka ketika UFD atau hardisk eksternal tersebut dibuka, maka yang muncul kotak dialog seperti gambar di atas.

Solusi Dari Saya: Hapus file AUTORUN.INF tersebut, cabut secara aman UFD dari komputer, colokkan kembali UFD ke komputer, semoga saja memang sudah kembali normal. Jika memang masih terjadi? Ganti antivirus atau sekalian ganti sistem operasi. :) wakkakakkaa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar