navibar

Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini, Semoga Bermanfaat !!!

Rabu, 25 Mei 2011

Mengubah huruf Hard Disk / Removable Drive dengan mudah

Bagi yang sering menginstall sistem operasi Windows, terkadang setelah selesai dan Hardisk terbagi dalam beberapa partisi, urutan partisi tidak seperti biasanya, mungkin drive CD-ROM tidak berada di akhir urutan. Hal ini sebenarnya tidak berpengaruh terhadap kinerja komputer, hanya saja biasanya drive CD-ROM berada di urutan paling akhir dan jika tidak, sering membuat bingung. Hal itu biasanya disebabkan ada partisi yang belum di format ketika menginstall windows, sampai selesai installasi. Jika menggunakan aplikasi pihak ketika mungkin bisa menggunakan Partition Manager dan sejenisnya, tetapi sebenarnya Windows (Xp) sudah memiliki fasilitas ini, termasuk memformat partisi yang tidak terdeteksi oleh Windows Explorer. Bagaimana caranya?

Caranya sebagai berikut :
Buka Control Panel. Start Menu > Control Panel
Pilih Administrative Tools
Pilih Computer Management
Di bagian storage, pilih Disk Management
Maka setelah ditunggu sebentar, akan ditampilkan formasi partisi hardisk kita. Termasuk partisi yang belum diformat
Untuk mengubah Drive letter, klik kanan partisi yang diinginkan atau CD-ROM dan pilih menu Change Drive Letter and paths..
Di Window yang tampil pilih change, dan ganti nama drive yang tersedia


Sebagai contoh jika kita memiliki 5 partisi C: D: E: F: dan G: , dan ternyata drive CD-ROMnya F: dan ingin kita ubah menjadi G:, maka ubah terlebih dahulu drive G: menjadi H: atau yang lain, kemudian setelah selesai, baru ubah drive F: (CD-ROM) menjadi G:. Setelah drive CD-ROM berubah, baru ubah kembali drive H: menjadi F:.


Fasilitas ini juga bisa berguna ketika kita memasang USB flash disk, kemudian memasang kamera. Terkadang kamera kita tidak terdeteksi di Windows Explorer. Hal ini biasanya karena drive letter-nya dipakai oleh Flash disk ( ada kamera yang tidak bisa ditampilkan ketika sudah ada Flash disk atau USB port sedang dipakai alat lain). Cara mengatasi hal ini, ubah saja drive letter USB tersebut ke huruf lain, kemudian kembali masukkan kabel kamera ke port USB

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar