navibar

Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini, Semoga Bermanfaat !!!

Selasa, 24 Mei 2011

Cara Mengelompokan Teman Di Facebook

Semakin hari tentunya jumlah teman-teman kita pada facebook semakin banyak. Di awal-awal kita bergabung pada jaringan social yang sangat popular ini, kadang-kadang kita begitu “brutal” dalam menambahkan teman, siapa saja kita tambahkan dengan harapan agar teman kita kelihatannya banyak bahkan terkesan asal menambahkan saja.

Saking banyaknya teman-teman yang kita tambahkan tersebut, kadang-kadang kita menjadi lupa siapa teman yang kita tambahkan tersebut, mengenal dari manakah, teman SMA kah, teman kuliah kah, teman kantor kah, atau hanya teman yang berasal dari aksi asal menambahkan tersebut.
Masalahnya adalah ketika kita ingin mengirimkan pesan kepada teman-teman tertentu saja, misalnya teman SMA saja, kita mengalami kesulitan untuk melakukannya. Bisa dibayangkan ketikan pesan kita “nyasar” kepada bukan teman-teman yang kita maksud maka yang terjadi adalah “tidak nyambung” atau kurang etis dan lainnya.
Sehubungan dengan hal tersebut, kita perlu mengelompokkan teman-teman di facebook berdasarkan criteria tertentu yang dapat kita tentukan sendiri. Misalnya, teman SMA, teman kuliah, teman kantor, teman bulu tangkis, teman mincing, dan lain-lain sesuai kehendak kita masing-masing.
Cara mengelompokkan teman pada facebook adalah dengan cara sebagai berikut.


Pertama, klik menu “Beranda” yang berada di sebelah kiri atas, kemudian klik “Membuat Daftar Baru”, seperti screenshot di bawah ini. (jika menu tersebut belum muncul, klik “lainnya”)
Kedua, kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul kotak jendela, seperti di bawah ini.
Ketiga, kemudian namai daftar baru tersebut sesuai kehendak kita. Dalam contoh ini, saya menamai daftar baru tersebut dengan “Teman SMA”, di mana daftar “Teman SMA” ini akan saya gunakan untuk mengelompokkan teman-teman SMA dahulu.
Kemudian pilih teman-teman yang kita kehendaki untuk dimasukkan ke dalam kelompok tersebut dengan cara mengkliknya, satu per satu.
Keempat, kemudian klik “Buat Daftar".
Kelima, tunggu beberapa saat hingga facebook selesai melakukan refresh dan jika berhasil kita akan dapat melihat daftar baru “Teman SMA” yang ada di sebelah kiri, seperti di bawah ini.
Keenam, lakukan langkah-langkah tersebut untuk membuat daftar kelompok teman yang lain.
Ketujuh, untuk selanjutnya ketika kita menambahkan teman baru, kita dapat memasukkan ke daftar yang sudah ada tersebut. Jika belum ada, kita dapat daftar yang baru lagi.
Kedelapan, dengan mengelompokkan teman-teman facebook ke dalam kelompok2 tersendiri maka akan memudahkan kita dalam mengingat-ingat siapa-siapa yang ada dalam daftar (kelompok) tersebut. Dan satu hal yang pasti adalah akan memudahkan kita pada saat ingin mengirimkan pesan di dinding khusus untuk teman-teman tertentu saja.
Kesembilan, selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar