navibar

Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini, Semoga Bermanfaat !!!

Senin, 16 Mei 2011

TIPS MERAWAT PONSEL TOUCHSCREEN


 



Assalamualaikum…


Pada kesempatan kali ini aku akan memberikan sedikit tips bagaimana cara merawat hape model touchscreen. Perlu diketahui,perawatan hape model seperti ini tidak sama perawatannya dengan hape model keypad maupun qwerty karena layar yang sensitif dengan tekanan memungkinkan untuk lebih maksimal cara perawatannya. Kemudian pemakaian stilus yang kurang pas bisa menyebabkan layar hape cepet baret-baret dan burem.
Untuk lebih jelasnya, silakan simak tips-tips berikut :
  1. Beri ScreenGuard. Ini tips penting yaitu ketika beli hape baru maupun second, langsung saja belikan screenguard karena walau layar touchscreen sudah diantisipasi anti gores tetep saja lama-kelamaan layar tersebut baret-baret. untung kalo cuma baret, kalo burem kan gak enak dipandang. Jadi saran saya tips ini lakukan pertama kali karena layar ini kontak langsung dengan jari tangan atau stylus.
  2. Beri Sarung Pengaman. Setelah diberi screenguard, saatnya memberi pelindung buat body hape. Kebanyakan hape touchscreen tidak bisa mengganti casing seenaknya seperti tipe-tipe nokia lama karena casing bersentuhan langsung dengan komponen hape seperti layar, board keypad dll.
  3. Telungkupkan Hape. Nah ini yang paling penting menurut saya yaitu ketika hape tidak dipakai usahakan dan biasakan telungkupkan hape dimanapun dan kapanpun (wew….) karena layar sensitif dengan tekanan akan berpengaruh. Bisa kebayang kan kalo hape ditaruh di lantai kemudian keinjek kaki kita. Belum lagi ada sesuatu yang jatuh dari atas entah batu, makanan, minuman dll. Kalau ditelungkupkan kita masih bisa menunda kematian hape kita kalau ada sesuatu yang terjadi
  4. Speaker. jangan menyetel lagu keseringan dengan volume tinggi karena walau diset seperti itu tetep saja bisa ngeprek alias over dosis suara. Kalau sudah gitu kita juga kan yang nyesel.
  5. Dikantongin. Hati-hati jika kita ingin mengantongin hape karena celana tipe jeans itu bisa membuat tekanan pada hape dan menyebabkan layar sedikit melengkung. Kalaupun harus mengantongin usahakan layar atau permukaan menghadap kedalam jadi misal kita ke bentur sesuatu seperti meja dan tepat mengenai hape yang kita kantongi, hape kita masih aman-aman saja karena yang terbentur adalah casing belakang. So, sekali lagi kita menunda kematian hape kita
  6. Menekan Layar. Usahakan jangan menekan layar terlalu keras. Saya sarankan memberi getar atau tone layar saat disentuh, kegunaannya yaitu untuk mengetahui layar yang kita sentuh sudah bekerja apa belum dengan sedikit sentuhan lembut :p Biasanya layar hape sudah ada cacat pelangi atau salah satu bagian layar burem atau warna lain yang tidak sesuai dengan gambar (seprti TV kalo kena magnet…) itu menandakan layar pernah tertekan sesuatu.
  7. Stylus. Kurangi menggunakan alat ini, walaupun menggunakan stylus mengbuat kita menggunakan hape terlihat keren tapi jangan dech, sehalus-halus stylus tak sehalus tangan kita ehe……….
  8. Magnet. Hindarkan kontak langsung dengan barang-barang elektronik seperti TV, Radio, Komputer dll yang mengandung magnet karena dapat mempengaruhi gelombang elektron (bener kali yak..) pada layar.
  9. USB ke Komputer. Jangan terlalu buka tutup penutup USB di hape dech ntar seperti saya penutupnya lepas karena keseringan tancap ke kompi. Kalo lepas ntar bolong dan terlihat tidak menawan dan rupawan lagi :Dyah terpaksa di lem Alt*co (Sensor)
  10. Penting, Jauhkan dari anak-anak dibawah umur. Bisa mikir sendiri kan kenapa gak boleh.
Sampai disini dulu tips dari saya dan sudah saya praktekkan (pastinya…) jika ada yang baru nanti saya usahakan di update dan jika masih ada tips dari pembaca sekalian, silakan saya perbolehkan dengan senang hati menambah tips dan trik ini sesuai pendapat kalian dengan komentar dibawah karena tujuan saya disini adalah untuk sharing bukan menggurui.
Semoga Bermanfaat….

5 komentar:

  1. bgus booooooooz i like it

    BalasHapus
  2. Mau nanya ni...
    Nokia 5233q layarnya rusak gra2 terinjak. Pkknya parah de, layarnya retak n ad spot hitamnya, ada garis2 g jelas...pkkx layarnya ancur banget. Tp layar luarnya g ap2, cm dalamnya aj yang ancur huhuhu :( kra2 masih bs diperbaiki g? Trs harga layarx brapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Seperti itu cih...
      ga bisa di baiki boz, kemungkinan LCD layar nya harus diganti...kalau maslah harga nya kurang tau juga , coba tanya aja sama counter2 hp yang ada jasa layanan service nya...
      tapi kalau emang mau ganti LCD layar nya...
      saran ane cih, di tempat servi counter yang resmi, biar kaga di oblongin tu HP..hee

      Hapus
  3. Assalamualaikum mas, izin bertanya hp saya nokia x2 habis jatuh terus kadang2 muncul gambar pelangi dan ada buremnya itu bisa diperbaiki ga mas? Jika bisa kira2 berapa ya mas biayanya ?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi masih bisa digunakan mas, hanya saja ada gambar pelanginya/buram sedikit

      Hapus