navibar

Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini, Semoga Bermanfaat !!!

Minggu, 22 Mei 2011

Panduan membuat forum diskusi di web

Hmmmm , Bingung gimana cara bikin forum diskusi di web kaya kaskus gitu, !! gimana sih caranya ?
http://kaskusfans.com/wp-content/photo/original/2009_07/kaskus1.jpg
nah sebelum anda beranjak membuat forum yang seperti itu , pada dasarnya , anda harus mengetahui dulu , jenis forum apa yang akan anda buat ? memakai script apa ? dll
di web ini , Saya akan sedikit menjelaskan bagaimana dasar-dasar membuat forum :

Yang paling pertama dan mendasar adalah memilih script forum system. Di internet banyak banget script forum dari yang open source alias gratis sampai yang berbayar. Wah… bingung ya? Hehehe jangan bingung dong gan. Berikut ini daftar rekomendasi forum system yang populer atau biasa dipakai. Atau setidaknya yang saya kenal.

1. PHPBB3 Olympus Script ini gratis dan handal. Mudah dioprek dan banyak mod atau script untuk modifikasi. Saya sendiri pertama kali mengenal forum ya PHPBB ini. Walaupun situs PHPBB pernah di-hack tapi itu bukan karena scriptnya yang lemah namun karena para admin PHPBB.com yang malas mengupdate.

2. SMF atau Simple Machine Forum Wah, ini juga bagus deh. Tampilan defaultnya juga mantab, jadi nggak perlu ganti template juga sudah bagus. Kalo soal fitur sih rata-rata bulletin board atau forum system sama. Tapi yang jelas SMF juga bisa jadi pilihan karena mudah digunakan.

3. vBulletin Bulletin board system yang satu ini bagus dan handal. Banyak digunakan dimana-mana, contohnya kaskus.us Tapi anda harus membayar untuk menggunakan vBulletin ini. Tapi yang jelas anda tidak akan menyesal menggunakannya. Walaupun kata orang tampilannya susah di-custom tapi fiturnya kaya dan code-codenya lebih teratur daripada Bulletin Board lain. Tapi kalau mau coba cari banyak juga sih yang ngasih link download vBulletin gratisan. Cuma masalahnya yang gratis tidak didukung oleh dukungan resminya.

4. MyBB atau My Bulletin Board Menurut tim pembuatnya, MyBB tadinya mau di-komersil-kan alias harus bayar. Tapi akhirnya mereka memutuskan untuk merilisnya secara Open Source. Fiturnya lengkap termasuk user reputation mirip vBulletin. MyBB juga menyediakan skrip khusus untuk konversi dari berbagai forum ke MyBB.

5. BBPress Nah BBPress ini lain dari yang lain. Bulletin board system ini dibuat oleh tim yang membuat wordpress. Jadi tentu saja BBPress ini dibuat sesimple mungkin, tujuannya adalah fungsi bukan yang lainnya. Secara default BBPress tidak bisa posting gambar hanya teks. BBPress juga tidak menggunakan BBCode seperti Bulletin system lainnya. Tapi seperti biasanya, untuk menambah fungsi BBPress kita bisa menginstall plugin-plugin yang tersedia di situsnya. Kalau menurut saya BBPress cocok digunakan sebagai buletin technical support. Misalnya anda menghosting sebuah software house, user anda bisa bertanya di bulletin ini. SEO? jelas! BBPress bisa menggunakan permalink dengan mudah tanpa harus menginstall third party.

Sebenarnya masih banyak lagi Forum System, misalnya IPB (Invision Powered Board) dan lain-lain. Tapi ya itu tadi saya cuma pernah tahu yang lima tadi. Instalasi masing-masing script forum tentu saja berbeda. Sebelum menginstall secara online ada baiknya mencobanya secara offline menggunakan WampServer atau XAMPP supaya lebih matang pada saat launching nanti. Untuk yang menggunakan Linux bisa menginstall paket LAMP.

Setelah selesai menginstall lebih baik anda melakukan checklist awal untuk kelengkapan forum anda. Berikut checklistnya:

1. Kategori forum. Di bagian ini anda mungkin harus brainstorming dulu. Lebih baik anda melakukannya bersama teman anda. Jangan sampai kategori yang satu dengan yang lainnya memiliki isi yang overlapping. Thread di kategori A juga bisa ada di kategori B. Selain membingunkan pengunjung, anda sebagai administrator juga akan kesulitan.

2. Peraturan forum umum. Menyangkut tata tertib dan sopan santun ber-forum. Apakah bicara kasar diperbolehkan? Apakah gambar porno diizinkan? Apakah melakukan posting yang sama berulang-ulang tidak apa-apa? Bagaimana caranya supaya pengunjung tidak OOT (Out of Topics) dan memudahkan pengunjung lainnya mencari informasi yang berguna. Sanksi apa yang diterapkan jika user melanggar? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harus anda jawab dan sebaiknya ditulis terlebih dahulu daftarnya.

3. Peraturan forum teknis. Menyangkut cara posting yang baik dan benar. Postingan yang tidak benar seperti lupa menutup tanda BBCode, tidak me-resize gambar (terlalu besar) sesuai aturan sehingga merusak layout forum, dsb tentu saja akan mengganggu user lainnya. User pemula sebaiknya diberi tempat untuk latihan posting dan diset menjadi auto prune (menghapus secara otomatis setelah n hari).

4. Izin akses. Apakah user boleh attachment? Apakah user boleh mengirim email via PM (Private Messaging?). Apakah Forum X boleh dilihat oleh semua orang? Bagaimana dengan guest? Apa mereka boleh ikut posting? Apakah perlu menggunakan password di kategori tertentu? Semua ini juga berkaitan dengan fitur forum system. Jadi sebaiknya anda membaca-baca dokumentasinya.

5. Cara registrasi. Registrasi ada 3 cara. (1) User yang melakukan verifikasi melalui email. (2) Verifikasi dilakukan oleh admin. (3) Tidak perlu verifikasi, daftar, langsung bisa login. Biasanya cara yang paling sering digunakan adalah cara 1 dan beberapa forum private menggunakan cara 2. Tergantung kebutuhan anda, set lah cara registrasi dengan bijaksana.

6. Forbidden words. Kata-kata terlarang. Kumpulkan semua kata terlarang offensif yang anda tahu. Baik itu yang eksplisit maupun implisit. Anda bisa menyensornya menjadi misalnya f**k atau k****l atau bisa langsung menjadi -sensor-.

7. Panduan teknis. Buatlah sebuah thread baru berisi panduan teknis untuk melakukan berbagai hal misalnya: posting gambar, menggunakan BBCode, posting video (jika ada), mengirim pesan private, lupa password dan sebagainya. Semakin detail anda membuat panduan teknis, semakin cepat user pemula menjadi terbiasa dengan forum.

Okay untuk starter kira-kira seperti itu. Jika forum anda sudah jalan dan mulai ramai, mungkin anda harus mempertimbangkan merekrut moderator. Moderator bertugas sebagai perpanjangan tangan administrator. Sebaiknya moderator mengerti akan bidang kategori forum yang anda buat. Misalnya forum tentang photoshop sebaiknya dimoderasi oleh orang yang paham photoshop.

Sedikit pesan penting: Forum memang akan menjaring banyak user jika dikelola dengan baik. Tapi jika anda tidak siap dan berkomitmen untuk membuat forum, sebaiknya tidak perlu dibuat. Forum yang tampak sepi akan menakutkan calon pengunjung. Mereka pasti malas untuk bergabung dan jika hal itu terus-terusan terjadi, kesempatan anda menjaring traffic akan hilang

Nah , sekarang anda sudah tahu kan giamna strategi - strategi membuat forum yang bagus ?
langsung aja di praktekan gan , semoga forum diskusi yang kita bikin bisa menjadi forum yang besar ya .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar