navibar

Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini, Semoga Bermanfaat !!!

Minggu, 22 Mei 2011

Tips Menghemat Biaya Internet

Akhirnya bisa posting lagi setelah hari senin kmarin masuk sekolah lagi,, fiuuhh,
duit abis lagi,, kl abis lagi,, gak biisa internetan deh,,
wew,, gmna yah cara menghemat pengeluaran biaya internet ??
ok kita akan bahas disini untuk yang pada punya penyakit KANKER(kkantuung kering) :

http://treest.files.wordpress.com/2009/03/uang-genggam.jpg
Ada dua jenis layanan yang diberikan operator penyedia internet yaitu :
  • Time based adalah perhitungan berdasarkan waktu
  • Volume based adalah perhitungan berdasarkan kilobyte

Nah, soal mana yang lebih baik, tergantung kebutuhan Anda. Bila Anda gemar berselancar, menerima dan berkirim e-mail, serta chatting saja, langganan volume based bisa jadi pilihan. Chatting, misalnya, tak menyedot kuota sehingga Anda bisa melakukannya berjam-jam tanpa perlu kehilangan banyak kuota.
Sedangkan apabila Anda memakai Internet untuk men-download atau mengunduh, misalnya mengunduh klip video dari YouTube atau musik MP3 dari berbagai situs, layanan volume based akan sangat boros.
Untuk kegiatan semacam itu, sebaiknya Anda memilih timebased. Seberapa pun besarnya data yang Anda kirim dan Anda terima, kuota waktu yang akan menjadi penentu.
Di samping kedua model langganan tersebut, sebetulnya ada pula dua model lain:unlimited alias tak terbatas dan kombinasi kuota dengan unlimited.
Langganan unlimited itu tak berbatas waktu maupun volume. Namun, kuncinya adalah soal kecepatan akses.
Sekarang harga model berlangganan semacam ini sudah semakin terjangkau, mulai dari Rp 100 ribuan per bulan dengan kecepatan 256 kilobit per detik (kbps) sampai yang berjuta-juta rupiah dengan kecepatan megabit per detik.
Sedangkan model kombinasi, pelanggan akan mendapat layanan dengan kecepatan tertentu ditambah batasan kuota. Bila kuota terlewati, pelanggan masih bisa mengakses Internet. Namun, kecepatan koneksi akan berkurang. - Suplemen Koran Tempo
Dan ada beberapa tips untuk menghemat internet, intinya adalah seminim mungkin komputer kita mengakses internet.
  • Offlinekan Website
Anda ingin belanja sesuatu di situs e-commerce, pasti anda akan membuka beberapa situs e-commerce untuk membandingkan harga. Bagus jika koneksinya sedang lancar, namun kalau koneksi sedang peak-time dan anda memakai time based, berapa banyak waktu yang tersita untuk menunggu selesainya browser menampilkan satu halaman utuh.
Informasi belum dapat tapi anda harus bayar mahal untuk internetnya.
Offlinekan website, yaitu dengan menyedot keseluruhan isi website dengan sebuah program kecil “teleport pro” atau semacamnya, anda dapat menjalankan beberapa program tersebut secara bersamaan untuk menyedot beberapw website dan setelah selesai website yang anda sedot isinya akan dijadikan sebuah website static oleh program itu, matikan internet dan anda bisa mulai browsing melalui offline website yang sudah disedot tadi.
  • Pakai mesin pencari Google
Kami merekomedasikan www.google.com, mesin pencari yang memiliki tampilan sederhana, dengan sedikit gambar maka waktu dan ukuran yang diload lebih sedikit.
  • Hadang iklan (Blok Animasi Bergerak)
Gunakan Opsi atau Add-ons pada browser untuk menghadang iklan pada sebuah website, iklan terlebih dengan animasi pasti ukuran juga agak besar sebuah website akan menjadi ringan saat diakses jika tidak banyak menampilkan iklan yang berupa gambar bergerak.
  • Manajemen Unduh (Download Manager)
Gunakan program kecil Download Manager seperti Download acclerator plus (DAP), Free download manager (FDM), Internet download manager (IDM) dll.. yang dapat melanjutkan proses download yang terputus sehingga Anda tidak perlu mengulang proses download saat akses internet anda terputus.
Jjika anda ingin mendownload file berukuran besar, sesuaikan besar data yang ingin kita download dengan bandwith koneksi yang dipakai. Lakukanlah disaat malam, ketika pengguna internet lain sedang tertidur koneksi lebih cepat dibanding siang hari dan anda bisa tinggal tidur, ketika anda bangun download-an anda sudah selesai.
  • Gunakan RSS Feed
Penggunaan RSS akan sangat membantu anda mendapatkan berita realtime tanpa harus mengunjungi situs tersebut, terlebih lagi jika berita tersebut diambil dari sebuah portal berita, dimana rata-rata portal berita kini penuh dengan iklan animasi.
  • Bookmark situs kesayangan anda
Cara ini juga dapat mempercepat waktu membuka situs yang dulu pernah bookmark tanpa harus mencarinya lagi lewat mesin pencari.
  • Email fasilitas POP3
Gunakan email yang menyediakan fasilitas POP3. Anda dapat donwload email tersebut menggunakan Ms.Outlook ataupun Thunderbird untuk membaca dan membalas semua email.
  • ISP terbaik
Carilah ISP yang menyediakan kecepatan akses yang terbaik. Hati-hati dengan ISP yang memberikan diskon saat promosi layanan perdana tetapi ternyata aksesnya sangat putus nyambung. Jangan sungkan untuk bertanya kepada teman anda yang sudah pasang internet dirumah.
  • Hindari internetan pada saat peak-time(jam-jam sibuk)
Jika cara ini dipakai akan terjadi pengiritan besar-besaran. Jika tidak kepepet usahakan jangan memakai internet saat waktu sibuk,selain koneksi menjadi lambat merugikan pengguna time based dan juga menyita waktu pengguna time based dan volume based.
Demikian Tips Menghemat Pengeluaran Biaya Internet yang dapat kami rangkum, kami akan terus mengupdate artikel ini jika ada cara terbaru yang kami temukan di kemudian hari.


Ok cukup sekian artikel dari saya!!
mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda dan uang anda!!
janganlupa comment yah!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar